+62 24 7476157
humas@smp-alazhar14.sch.id
Jl. Klentengsari no.1 Banyumanik Semarang
Guru SMP Islam Al Azhar 14 juara OGN
blog-img
28/08/2020

Guru SMP Islam Al Azhar 14 juara OGN

Edi Mulyono | Berita

SMP Islam Al Azhar 14 kembali melahirkan guru jawara. Sebelumnya, Achmadi, S.Pd. juara 2 Lomba Inovasi Belajar (Inobel) yang mengusung tema ”Penguatan literasi melalui MTQ (Multi Tazking Quiz) untuk meningkatkan literasi Ssiswa SMP Islam Al Azhar 14 Semarang”, menyusul Sri Hartatik, S.Pd. meraih juara 2 Olimpiade Guru Nasional (OGN) Bidang Studi Bahasa Indonesia. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang pada Maret lalu di SMP Negeri 5 Semarang. Sedangkan penerimaan piala dan sertifikat baru dilaksanakan beberapa waktu lalu. Alasan penundaan karena ada program Pembatasan kegiatan Masyarakat (PKM) Kota Semarang terkait Pandemi Covid-19.

“Soal OGN Bahasa Indonesia hampir mayoritas berbasis IT yang kukerjakan saat lomba itu menurutku soal aplikatif semua. Artinya aku menjawab soal-soal yang memang sudah aku lakukan saat aku mengajar. Jadi alhamdulillah tidak mengalami kesulitan saat mengerjakannya,” jawab Tatik saat ditanya kenapa bisa peroleh nilai tinggi dan menjadi juara OGN.

Benar sekali apa yang disampaikan Tati, demikian sapaan akrabnya. Guru memang seharusnya selalu bisa mengikuti perkembangan zaman, tidak gagap teknologi, terutama di era pandemi covid-19. Karena inovatif dan kreatif adalah tuntutan bagi setiap pendidik hingga saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tetap berlangsung dengan tidak mengurangi esensi dan ruh pendidikan.

Guru yang selalu berinovasi dalam pengajaran Bahasa Indonesia ini memang luar biasa. Tak hanya jawara untuk diri sendiri, namun juga kerap melahirkan siswa jawara. Banyak siswa SMP Islam Al Azhar 14 berprestasi karena tangan dinginnya, seperti Juara lomba monolog, juara karya tulis ilmiah siswa, juara lomba menulis puisi, juara lomba bercerita, dan masih banyak lagi kejuaraan siswa yang dihasilkan dari berlatih dengannya.

Nur Faizah, M,Pd., Kepala SMP Islam Al Azhar 14 menyampaikan rasa bangganya pada guru-guru yang berprestasi mengharumkan nama sekolah. Karena guru adalah garda terdepan dalam Pendidikan.

“Guru harus memberi teladan yang baik bagi siswa-siswanya. Jika gurunya berprestasi, insya Allah akan berimbas pada siswa-siswanya juga. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi dan menular, khususnya pada guru-guru Spalza 14 dan umumnya pada teman seprofesi,” paparnya antusias.

“Kami di Yayasan Bina Manusia Utama selalu mendukung para guru untuk senantiasa berkreasi dan berinovasi. Menjadi satu kebanggan bagi Yayasan Bimatama memiliki guru-guru berprestasi. Harapan kami, semoga semakin berprestasi dan berkreasi serta tetap rendah hati,” pesan Ibu Dra. Hj. Sri Yamti, M.Si, Akt., kepala sekretariat Yayasan Bimatama.

Bagikan Ke:

Populer